Sabar dalam Al-Qur’an

Allah swt menjadikan sabar bagaikan kuda yang tak pernah letih, pedang yang tak pernah tumpul, pasukan perang yang tak terkalahkan, dan benteng yang tak tertaklukkan. Sabar dan kemenangan termasuk dua saudara kandung yang tak terpisahkan. Dalam al-Qur’an Allah swt telah memuji orang-orang yang bersabar dengan senantiasa menyertainya dalam petunjuk. Bagi mereka pahala yang tak terputus, serta pertolongan dari Allah dalam kemenangan yang nyata.
Allah swt berfirman :


وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Dan bersabarlah kalian! Karena sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar.”  (QS. al-Anfal [8]: 46)


Allah swt juga akan menganugerahkan kepemimpinan dalam agama kepada orang yang sabar dan yakin.

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ
Dan diantara mereka kami jadikan pemimpin-pemimpin yang menjadikan perintah kami sebagai petunjuk. Yaitu ketika mereka sabar dan yakin kepada ayat-ayat kami.” (QS. as-Sajdah [32]: 24)


Dan Allah memberitakan dengan tegas bahwa sabar adalah hal yang paling baik dari pada yang lain, bagi yang memilikinya.

وَلَئِنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِلصَّابِرِينَ
“Sungguh, jika kalian sabar, kesabaran itu lebih baik bagi orang-orang yang sabar.” (QS. an-Nahl [16]: 126)


Allah swt juga memberitahukan bahwa bersama sabar dan taqwa, musuh tak akan mampu mengalahkan kita sekuat apapun mereka, demikian juga secanggih apapun tipu muslihat musuh tidak akan mendatangkan madhorot sedikitpun.

وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ
“Dan jika kalian sabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka tidak akan mendatangkan madhorot bagi kalian, sesungguhnya Allah maha meliputi atas apa yang mereka kerjakan”  (QS. al-Imron [3]: 120)


Allah swt juga menjadikan sabar dan taqwa sebagai sumber kemenangan.

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 

“Wahai orang-orang yang beriman! Sabarlah, kuatkanlah kesabaranmu dan beribatlah (berjaga-jaga di wilayah perbatasan) serta bertaqwalah kepada Allah agar kalian mendapatkan kemenangan.”(QS. Ali Imron [3]: 200)


Pada ayat yang lain juga Allah swt mengkabarkan bahwa Dia mencintai orang-orang yang bersabar. Maka jika kecintaan Allah adalah kedudukan yang paling tinggi di mata Allah, maka bersabar adalah amal yang paling utama.


وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ 

“Dan Allah mencintai pada orang-orang yang bersabar.”(Ali Imron [3]: 146)
Dan Allah swt juga mendatangkan kabar gembira berupa tiga hal yang akan didapat oleh orang-orang yang bersabar, ketiga hal tersebut jika dibandingkan lebih baik dari dunia dan seisinya.

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156) أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ
“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar, yaitu orang-orang yang jika ditimpa suatu musibah berkata, “sesungguhnya kita milik Allah dan kepadanyalah kita kembali” Merekalah orang-orang yang mendapat salam kesejahteraan dan rahmat dari Robb mereka, dan merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al-Baqoroh [2]: 155-157)


Allah swt juga menjanjikan kemenangan dengan surga dan keselamatan dari api neraka hanya kepada orang-orang yang sabar.

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا أَنَّهُمْ هُمُ الْفَائِزُونَ
“Sesungguhnya Aku membalas perbuatan mereka pada hari ini dengan sebab kesabaran mereka. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.” (QS. al-Mukminûn [23]: 111)


Demikian juga Allah swt mengkhususkan pada orang-orang yang bersabar, hanya merekalah yang mampu menangkap dan memahami petunjuk Allâh swt.

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُوْرٍ
“Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu ada tanda-tanda bagi setiap orang yang sabar dan bersyukur.” (QS. Ibrohim [14]: 5)


Pembaca Sinaran yang dimuliyakan Allâh swt, jika kita perhatikan bersama ayat-ayat di atas. Bahwa kita semua bisa menyimpulkan manfaat dari kesabaran, dimana kesabaran adalah sumber kekuatan, kebahagiaan dan kebaikan hidup manusia. Sabar ibarat sebuah poros bagi aktivitas seorang mukmin, kemanapun ia pergi maka ia akan kembali kepadanya, sabar juga sebagai penopang dan sandaran keimanan manusia.
Jikalau bukan karena kesabaran maka niscaya merugi dan bangkrut pulalah keimanan manusia. Bagaimana tidak? Manusia jika tidak memiliki kesabaran akan sangat mudah lalai dan kufur ketika tertimpa masalah-masalah hidup dan ujian keimanan. Ia tanggalkan keimanan maka ia akan merugi dunia akhirat dan tidak mendapat apa-apa.
Kehidupan terindah telah dirasakan oleh orang-orang yang mulia dengan kesabaran mereka. Mereka mencapai derajat yang tinggi. Mereka terus berjalan bersama kesabaran menuju taman-taman surga. Itulah anugrah Allah swt yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki. Jika bisa dibahasakan maka iman itu dibagi dua, separuh sabar dan separuhnya lagi syukur. Sehingga jika seseorang dalam hidup menginginkan keselamatan, kebahagiaan dan kemuliaan maka hendaknya senantiasa menghiasi ahlaknya dengan kesabaran dan kesyukuran kepada Allâh swt, dan tidak boleh melalaikan kedua hal tersebut dalam setiap kali meniti jalan kehidupan menuju surga.
Demikian halnya jika kita masuk dalam dunia pendidikan, baik menjadi murid maupun guru dalam mencari dan menyampaikan ilmu untuk mencapai kesuksesan sangat membutuhkan kesabaran. Semoga Allah menjadikan kita pada golongan orang-orang yang baik ketika bertemu dengan-Nya. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *